Faktor yang Mempengaruhi Akurasi Laras

Faktor yang Mempengaruhi Akurasi Laras

Selamat datang kembali di website saya yang selalu membahas tentang dunia senapan angin pcp. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi laras senapan. Untuk selengkapnya mari langsung saja simak ulasan di bawah ini:

Beberapa faktor yang mempengaruhi Akurasi Laras, diantaranya:

  1. Kelurusan lubang bore laras senapan.
  2. Homogenitas lubang laras senapan, mulai dari pangkal hingga ujung, terkecuali laras senapan angin yang terdapat choked, agak mengecil sedikit pada bagian ujung laras.
  3. Keseragaman kedalaman groove ataupun lebar rel land-nya.
  4. Kelangsaman atau kontinuitas uliran twist-nya. Tetapi ada pula laras yang memiliki twist-gain.
  5. Kekakuan atau stiffness laras, jika semakin kaku maka akan semakin bagus, sebab getaran akibat tembakan juga semakin sedikit.
  6. Kesempurnaan pada machinery kehalusan land-nya

Perihal laras senapan angin dengan 6, 9, dan 12 ulir :

1. Ulir sedikit berarti bahwa pada pelornya tidak terlalu dicengkeram kuat oleh laras senapan, jika misalnya groove-nya dangkal maka kemungkinan besar bisa tergelincir. Maka dari itu, yang berulir sedikit terkadang untuk groove-nya dibuat agak dalam. Jadi sebenarnya merupakan kombinasi dari jumlah ulir dan dalam serta lebarnya groove. Untuk groove yang dalam jauh lebih bagus menyekat atau men-seal dorongan angin langsung dari belakang.

2. Ulir banyak akan membuat mimis senapan lebih stabil berakselerasi, tetapi apabila relnya tidak seragam, diameter tidak seragam, twist-nya juga tidak seragam maka dapat mengurangi akurasi.

Pada dasarnya jika kombinasi faktor bahan, keseragaman groove, kelangsaman twist, keseragaman diameter, keseragaman rel land, kehalusan dan stiffnessnya sempurna maka dipastikan akan membuat laras senapan menjadi akurat.

Perihal panjang laras senapan, menurut penjelasan dari beberapa ahli, ternyata panjang laras senapan dalam batas-batas yang tertentu tidak akan memberikan pengaruh secara langsung pada akurasi laras senapan.

Pengaruhnya sendiri adalah pada velocity. Dengan laras senapan yang optimal panjangnya sesuai dengan kapasitas plant-nya, maka untuk pelor akan berakselerasi dengan sangat sempurna sebelum akan meninggalkan moncong.

Terutama untuk bedil angin, groove yang terlalu bayak dengan twist yang rapat sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini karena type mimis bedil angin memiliki bentuk diabolo, sehingga untuk stabilitas terbangya tidak hanya bergantung pada kecepatan putaran atau spinning mimis senapan, namun juga ditopang oleh bentuk mimis senapan yang memiliki bentuk diabolo. Maka dari itu, bedil angin akan tetap akurat walaupun velocity-nya rendah.

Sedangkan untuk bedil api, stabilitas mimis senapan tergantung dari kecepatan putaran atau spinning mimis senapan dan juga aerodinamical bullet, sehingga untuk power plant-nya harus benar-benar powerful. Apabila mid power maka sudah dipastikan stabilitasnya bisa runtuh sangat cepat, sehingga untuk akurasinya pun akan merosot.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*