Jual Pohon Trembesi

Pohon Trembesi atau biasa juga disebut sebagai pohon ki hujan ini merupakan pohon yang dominan sekali memiliki perawakan yang cukup besar, lebar, dan juga mempunyai tinggi pohon hampir 30 meter. 

Pohon ini sangat populer di berbagai tempat sebagai salah satu pohon yang berfungsi sebagai pelindung atau bisa juga sebagai pohon peneduh. Namun seiring bertambah besarnya pohon ini juga membuat struktur akarnya melebar dan menyebabkan bangunan atau jalan di sekitarnya rusak, sehingga sekarang ini orang berpikir dahulu bila ingin menanam pohon trembesi. Disebut sebagai pohon ki hujan karena pohon ini sering meneteskan air dan kemampuan daya serap air tanah nya juga sangat tinggi.

Pohon trembesi merupakan pohon asli yang asalnya dari Amerika tropis namun sekarang ini sudah menyebar di seluruh daerah tropis di dunia. Pohon trembesi ini mempunyai buah yang mirip dengan kacang polong. Selain perakarannya yang merugikan , pohon ini ternyata bila ditanam di tengah – tengah berbagai macam pohon bisa menyebabkan pohon sekitarnya terhambat pertumbuhannya.

Jual Pohon Trembesi

Pohon trembesi dapat tumbuh mencapai ketinggian hingga 20 m dan melebar sampai kira – kira berdiameter 30 m. Daun dari pohon daun trembesi ini sangat sensitif terhadap cahaya dan daun pohon ini mengatup secara bersama – sama pada saat mendung, sehingga daun – daun dari pohon ini tidak pernah tersentuh oleh air hujan.

Pohon trembesi ini meskipun merugikan namun tetap saja berguna untuk taman atau kebun yang cukup luas, pohon ini mesti dijadikan sebagai pohon peneduhnya. Selain itu pohon trembesi ternyata juga mampu menyerap gas karbon dioksida puluhan kali daripada jenis pohon – pohon lainnya sehingga pohon ini sangat efektif dijadikan sebagai pohon ramah lingkungan.

Pohon trembesi ini memiliki perawakan yang sangat lebar dan luas sehingga tetap menjadi primadona masyarakat untuk dijadikan sebagai pohon peneduh. Pohon trembesi ini juga sedikit berbeda jika dibandingkan pohon peneduh lainnya. Karena pohon ini unik mengeluarkan air pada daun – daun nya sehingga menciptakan suasana yang sejuk di bawah pohon tersebut. 

Pohon trembesi ini sangat banyak membutuhkan gas karbon dioksida dengan kapasitas yang cukup besar. Oleh karena itu pohon trembesi in juga cocok untuk pohon ramah lingkungan di kota – kota besar.

Akar pohon trembesi yang luas dan menyebar , pohon ini pun tidak perlu khawatir akan kekeringan karena pasokan air selalu tercukupi mengingat struktur akar yang memadai. Pohon ini bahkan pernah dicanangkan di Indonesia sebagai pohon penghijauan nasional oleh mantan presiden SBY pada saat itu pernah digalakkan gerakan penanaman 1 milyar pohon trembesi. 

Karena pohon trembesi ini sangat berguna untuk mencegah pemanasan global di daerah – daerah industri besar. Batang pohon trembesi ini juga memiliki struktur yang kuat sehingga bisa juga dijadikan sebagai bahan bangunan. Biji dari buah trembesi pun juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan ringan (hampir mirip seperti kwaci dari biji bunga matahari). 

Jual Bibit Pohon Trembesi

Makanan ringan ini digunakan sebagai salah satu makanan pencuci perut dengan di seduhkan dengan air panas dan dicampur dengan sedikit madu. 

Selain biji dan kayu batangnya , ternyata daun dari pohon trembesi ini juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit kulit. Namun saat ini belum diketahui apakah buah trembesi ini bisa dimanfaatkan atau tidak namun hal ini masih dalam tahap penelitian.

Berikut terdapat deskripsi umum tentang bagian – bagian dari pohon trembesi :

  • Pohon, pohon trembesi bisa tumbuh dengan tinggi 30 – 40 m dan diameternya 4,5 m. Perawakan batangnya bengkok kadang tegak dan menggelembung besar. Daun pohon ini memiliki panjang tangkai 4 cm – 7 cm.
  • Daun, daun dari pohon trembesi ini mengatup pada cuaca hujan dan malam hari (asalkan keadaan gelap). Karena kebiasaan daun nya ini pohon trembesi disebut juga pohon pukul 5. Ukuran lebar daun pohon trembesi mencapai 4 – 5 cm dan daunnya berwarna hijau tua.
  • Bunga, pohon trembesi ini memiliki musim bunga bulan Mei dan bulan Juni. Bunga dari pohon trembesi ini berwarna putih dengan bercak merah muda. Bunganya memiliki panjang sekitar 10 cm dan bunga dari pohon trembesi ini ternyata juga menghasilkan nektar untuk menarik perhatian serangga dalam proses penyerbukan.
  • Buah, buah dari pohon trembesi ini berbentuk lurus dan melengkung, memiliki panjang mencapai 10 – 20 cm, dan mempunyai lebar 1,5 – 2 cm. Buah pohon trembesi ini berwarna coklat kehitaman ketika sudah matang. Biji buahnya terletak di dalam daging buah , dalam setiap buah terdapat 5 – 25 biji dengan masing – masing panjangnya 1,3 cm.

 Budidaya bibit pohon trembesi

Tahap pertama adalah tahap perkecambahan biji , perkecambahan biji trembesi ini akan tumbuh dengan normal dan baik tanpa perawatan dengan persentase hingga 45 % – 60 %. Perkecambahan biji ini dapat tumbuh di tahun pertama penyimpanan biji.

Tahap selanjutnya adalah menyempurnakan tahap pertumbuhan dari perkecambahan biji , hal ini dilakukan dengan cara merendam terlebih dahulu bebera biji ke dalam air dengan suhu antara 80 derajat celcius selama kurang lebih 5 menit. Volume air yang digunakan sebanyak 5x dari volume biji. Jika sudah selesai, maka segera untuk mengeringkan biji tersebut. Selanjutnya rendam kembali biji trembesi tersebut kedalam air hangat dengan suhu 30 derajat celcius  hingga 45 derajat celcius selama dan diamkan 1 hari 1 malam. 

Metode perendaman ini nantinya akan meningkatkan persentase pertumbuhan perkecambahan biji mencapai 100%. Setelah kurang lebih 3 sampai  6 hari kedepan maka didiamkan terlebih dahulu dan pastikan berada di tempat teduh,dan jangan lupa untuk selalu rutin melakukan penyiraman secara sedikit demi sedikit agar biji terus tumbuh dan tidak mudah kering.

Langkah selanjutnya biji tinggal di tanam di tanah, asalkan syarat panjang kecambahnya terpenuhi yakni 20 – 30 m. Ukuran bibit saat siap tanam kira – kira memiliki tinggi 15 – 30 cm dan diameter batangnya mencapai 5 – 30 mm. Penanaman bibit trembesi ini dapat dilakukan di pasir atau di sebuah polybag. Media tanam bibit trembesi ini memiliki komposisi 3 : 1 : 1 ( tanah : pasir : pupuk organik ).

  • Untuk perawatan bibit trembesi sebenarnya tidak diperlukan yang intensif. Cukup perawatan dari hama dan penyakit saja yang diperlukan agar pertumbuhan pohon trembesi nantinya tidak terganggu.

Sekilas Tentang Pohon Trembesi

Pohon trembesi ini memiliki perawakan yang sangat lebar dan luas sehingga tetap menjadi primadona masyarakat untuk dijadikan sebagai pohon peneduh. Pohon trembesi ini juga sedikit berbeda jika dibandingkan pohon peneduh lainnya. Karena pohon ini unik mengeluarkan air pada daun – daun nya sehingga menciptakan suasana yang sejuk di bawah pohon tersebut. Pohon trembesi ini sangat banyak membutuhkan gas karbon dioksida dengan kapasitas yang cukup besar.  

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*