Kemiringan Senapan Mempengaruhi Daya Lontar Peluru


Kemiringan Senapan Mempengaruhi Daya Lontar Peluru

Refeat : Canting dan Scope Level

Halo sobat bedilers.. salam satu laras!!! Apakah Anda pernah memperhatikan secara jelas bagimana posisi senapan Anda ketika Anda akan menembak? Seperti pada sudut berapakah popor Anda berada dari sumbu laras senapan ataukah titik tengah crosshair?

Nah Pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk merangkum pembelajaran kami mengenai perbedaan posisi kemiringan senapan angin pada sumbu laras serta bagaimana pengaruhnya terhadap akurasi.

Isu ini telah kami dapatkan dari penggunakan senapan dengan

jenis ​single shootyang biasa digunakan untuk membidik dalam jarak yang cukup jauh.

Seperti yang kita ketahui pegangan senapan yang secara disengaja mengalami kemiringan ekstrim terhadap sumbu laras senapan.

Canting atau Tinting

Pada saat melakukan​zero atau ​skip pada sebuah titik serta jarak, ini bukan berarti bahwa tembakan akan selalu mengenai titik tersebut. Salah satu hal yang bisa membuat titik tumbuk tidak bisa mengenai titik tersebut merupakan canting atau cinting bos. saat pegangan senapan Anda memembuat posisi senapan menjadi memutar sepanjang sumbu penglihatan ​scope Anda.

Titik crosshair pada scope akan menunjuk pada titik bidik Anda, akan tetapi hasillnya nanti peluru akan mendarat tepat pada samping dan

selengkapnya disini https://www.gsasportindonesia.co.id/product/senapan-angin-pcp-mouser-od-28-65-daya-tampung-angin-besar/

lebih rendah. Hal ini tidak begitu terlihat pada radius putar yang sangat kecil dan pada jarak yang dekat tetapi dalam radius putar yang besar dengan jarak jauh maka hal ini bisa terlihat dengan jelas.

Perlu Anda ketahu bahwa Canting bisa saja terjadi karena Anda sudah meggeser laras senapan dari bidang vertikal reticle dengan cara melakukan gerakan rotasi yang berpusat di bagian sumbu penglihatan scope. Hal karena dalam hal ini yang akan menjadi pusat rotasinya merupakan sumbu penglihatan scope dan bukannya laras.

Hal ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan gravitasi, karena pengaruh gravitasi yang telah dialami oleh proyektil akan tetap sama.

Solusi Terhadap Canting

Jika akurasi menembak dari jarak jauh merupakan tujuan utama menembak Anda, maka kesadaran akan fenomena tersebut harus benar-benar dihayati. Untuk dapat mengatasi canting yang seringkali tidak disadari maka Anda membutuhkan sebuah alat bantu bidik yang bisa memberi tahu Anda bahwa ada perbedaan sudut dari rotasi bidik senapan angin Anda bos.

Naah Alat tersebut dinamakan dengan ​anti-cant device(ACD) atau scope level. Bekerja dengan menggunakan prinsip gravitasi dan bisa pula berupa perangkat yang sederhana seperti ​water pass ataupun yang jauh lebih canggih yakni sensor kemiringan dengan indikator lampu.

Untuk dapat memasang alat tersebut maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apabila crosshair reticle sudah berada sebidang, yaitu pada sebuah bidang vertikal dengan laras senapan.

Jika Anda yakin bahwa posisi laras senapan dan crosshair sudah sebidang, maka selanjutnya untuk penempatan scope level nantinya akan dilakukan dengan menggunakan sebuah titik acuan. Biasanya scope level akan ditempatkan pada bagian atas scope. Tetapi ada pula yang ditempatkan pada sebelah sisi dengan tujuan untuk kemudahan akses penglihatan.

Beberapa obyek acuan yang dapat Anda gunakan merupakan seperti pinggiran veritkal pintu ataupun jendela atau bisa juga dengan menggunakan seutas tali yang telah digantungkan dengan menggunakan pemberat. Garis vertikal reticle akan ditempatkan secara sejajar dengan obyek acuan selama Anda mengencangkan scope level.

Scope level yang sudah merangkap sebagai water pass yang selama ini kami punya. Kami pun baru menyadari bahwa alat yang satu ini dinamakan dengan scope lever dan baru saja kami pasang sekarang. Kini waktunya untuk menguji manfaatnya, itupun kalau tidak hujan.

Naah… Demikian sedikit penjelasan mengenai canting dan scope level yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga informasi ni bermanfaat ya sobat bedilers.. salam satu laras!!!.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *