Tips dan Trik Memilih Original Camo

Tips dan Trik Memilih Original Camo

Untuk bisa memilih camo asli tentu kita harus memiliki pengetahuan dan info sejelas mungkin tentang seluk beluk dunia camo. Pastinya juga harus didukung dengan literatur terkait. Masalah yang seringkali terjadi adalah karena para kolekstor malas untuk mecari data. Hal ini karena memang sangat sulit sekali untuk mencari sumber yang berkaitan dengan camo.

Terlepas dari papar yang bersifat teoritis, secara praktis bisa disimpulkan sebagai berikut ini:

1. Seragam loreng militer yang asli umumnya dilengkapi dengan identitas

Ada dalam bentuk cap atau yang biasa disebut Army issue marking, dan ada pula yang berupa Store Label dan bahkan ada yang sangat lengkap karena memiliki keduanya.

Store Label akan lebih mudah untuk dikenali karena pada umumnya dijahit khusus dengan bahan serta warna yang berbeda. Biasanya berada di bagian belakang kerah baju dan biasanya ada pula tambahannya pada bagian belakang kantong baju (apabila ada kantong bajunya) pada bawah sisi kanan.

baca juga : senapan angin pcp

Kondisi tipikal seperti ini umumnya berlaku untuk seragam loreng Taiwan, Korea Selatan, dan AS yang diproduksi pada tahun 1970 dan 1980an. Sedangkan untuk seragam kamuflase produksi Jerman, Inggris, Perancis,  Afrika, Slovenis, dan beberapa negara lainnya memiliki store label pada bagian belakang baju.

Isi atau penjelasan lengkap dari store label sangat beragam. Mulai dari yang sederhan hanya menjelaskan nama atau peruntukkan pakaian, berapa ukuran pakaian, kode dan tahun dibuat, pabrik yang membuat pakaian sampai dengan hal yang sangat rumit yaitu menjelaskan mengenai komposisi bahan dasar kain pakaian tersebut.

Cara untuk memelihara, mencuci dan mengeringkan pakaian dengan menggunakan metode Field Laundry, Fixed Laundry, Machine atau Hand Laundering. Untuk pakaian seragam loreng eks PD II, umumnya untuk kelengkapan store label lebih minim.

Pemakaian Store Label sudah semakin baik pada saat perang Vietnam dan mulai diatas tahun 1980 jauh lebih lengkap. Sedangkan untuk seraga loreng yang dimiliki oleh negara-negara blok timur umumnya akan dilengkapi dengan store label yang sedikit berbeda dengan negara barat.

Bahkan ada juga yang hanya dilengkapi dengan Army Issue Marking yang berupa cap sasa. Dengan adanya store label ini bisa menjadi tanda paling otentik bahwa seragam loreng tersebut bisa dikatakan asli.  Akan jauh lebih lengkap apabila seragam dilengkapi atribut yang tentunya sesuai dengan tata cara protokol militer.

2. Harus bisa melihat dengan cermat untuk counter-check

Terutama untuk seragam loreng yang paling bersejarah, sebab kondisi pakaian tersebut harus sesuai dengan rentang umur masa penggunaannya, dan biasanya store label sudah hilang, maka Anda harus bisa menganalisa apabila dikatakan bahwa seragam tersebut eks PD II.

Berarti untuk umurnya kira-kira sekitar 60 tahun lebih. Apa yang terlihat dari sebuah pakaian yang umurnya mencapai 60 tahun lebih : warna yang sudah pudar, resleting yang berbeda dengan resleting pakaian jaman sekarang, kancing yang juga berbeda dengan kancing pakaian jaman sekarang, kondisinya ada yang koyak dan untuk baunya pun sudah pasti berbeda.

Di AS dan juga Afrika Selatan, toko militaria collector pada umumnya akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai kondisi pakaian yang dijual kepada para pembelinya. Untuk penjelasannya dibagi dalam beberapa kategori berikut ini:

Poor Condition (PC)
kondisi yang cukup parah
Fair Condition (FC)
Kondisi warna yang sangat pudar dan kain aus karena telah digunakan secara terus menerus.
Good Condition (GC)
Kondisi rata-rata, tergantung pada umur dari pakaian itu sendiri.
Excellent Condition (EC)
Kondisi yang diatas rata-rata.
New (N)
Kondisi masih belum pernah digunakan sama seali, tetapi mungkin telah dibaikan sebagai jatah kaporlap prajurit.
MINT (M)
Kondisi masih belum pernah digunakan atau disimpan dengan baik oleh prajurit yang telah menerima jatah. 

Demikian sedikit ulasan dari kami tentang tips dan trik memilih original camo yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga tips dan trik yang sudah kami sampaikan ini bisa membberikan manfaat bagi para pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *