Tips Memilih Pellet Untuk Sengin

Tips Memilih Pellet Untuk Sengin

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tips memilih pellet untuk senapan angin. Informasi ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi pemula yang masih belum mengetahui dunia senapan angin sama sekali sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan dalam memilih pellet.  Mari langsung saja kita simak bersama ulasan selengkapnya dibawah ini.

Berikut ini adalah tips memilih pellet terbaik untuk Senapan Angin Anda:

  1. Bentuk Dasar

1. Diabolo : Kebanyakan pellet atau mimis umumnya mempunyai pinggang menyempit (rok) yang biasa disebut dengan model Diabollo. Rok yang tipis dan mengembang tersebut nantinya akan mengikt alur laras senapan dan memiliki fungsi sebagai penyekat udara atau air seal untuk efisiensi yang lebih baik.

2. Silinder : Beberapa pellet yang lainnya mempunyai dinding yang lurus atau rata, seperti pipa atau silinder. Cincin atau gelang atau ring di bagian belakang pellet ini memiliki fungsi yang sama halnya dengan rok Diabolo.

Untuk tekstur dinding pellet sendiri terdiri atas : RIBBED atau Greffelt (bergaris) dan SMOOTH atau Glatt (polos atau licin). Ini hanya dari segi desain atau model saja, sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar pada aerodinamika (flight trajectory) ataupun akurasinya.

  • Bentuk Kepala

Pada umumnya pellet akan diklasifikasi berdasarkan bentuk kepala, sebab dari segi inilah yang memberikan pengaruh sangat besar pada daya gunanya atau performance. Ada 4 tipe dasar, yaitu:

1. WADCUTTER / FLAT HEAD : Sebuah pellet dengan bagian sisi luar yang tajam, pada umumnya memiliki kepala rata / papak / datar yang dirancang secara khusus agar bisa menghasilkan lubang lebih maksimal secara sempurna pada kertas target sasaran untuk bisa mempermudah penilaian atau scoring dalam kompetisi.

Akurasi paling baik dalam jarak 10 meter untuk semua senapan angin pcp dengan berbagai kecepatan. Juga sangat disukai oleh para pemburu, karena bisa memberikan daya pukul atau impact yang cukup besar dan juga daya tembus atau pentration yang sangat terbatas. Sangat cocok sekali untuk kompetisi, testing atau zeroing serta berburu bintang kecil seperti tupai, burung kecil, tikus dan lain sebagainya dalam jarak dekat.

2. POINTED / SHARP : Bagian kepala yang tajam atau runcing, dirancang khusus untuk kecepatan, daya tembus dan akurasi paling maksimal pada tembakan jarak jauh. Jika digunakan pada jarak yang tidak terlalu jauh, maka untuk tembakan harus tepat pada bagian organ vitalnya atau killing zone seperti misalnya pada bagian jantung atau kepala.

Pada umumnya tidak akan berfungsi dengan baik jika digunakan pada senjata angin pada model repeater. Sangat cocok digunakan untuk mengendalikan hama (pest-control) dan berburu bintang besar yang memiliki kulit tebal atau keras seperti babi hutan, musang, dan lain sebagainya.

3. ROUND NOSE / DOMED : Kepala yang bulat, awal mulanya dirancang dan sangat populer sebagai sebuah pellet senapan yang serba guna atau all round shooting. Bagian kepalanya yang bulat dan aerodinamis mempunyai ketahanan angin yang sangat rendah dalam melawan angin sehingga dapat meningkatkan akurasi, kecepatan, penetrasi, dan membuat sebuah lintasan yang datar atau flat trajectory. Sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai jenis keperluan menembak pada umum dan juga metal silhoutte atau field target.

4. HOLLOW POINT : Bagian kepala lubang, dirancang secara khusus untuk dapat menghasilkan daya pukul secara maksimal sepenuhnya dari semua macam jenis senjata angin. Bisa membuat luka yang dalam atau besar (expansion) ketika kontak, tanpa penetrasi secara berlebihan.

Semakin tinggi kecepatannya maka akan semakin besar pula ekspansinya, sama seperti halnya pada senjata angin magnum. Sangat cocok sekali untuk digunakan dalam berburu hewan atau hama kecil, burung besar dan lain sebagainya dalam jarak dekat atau yang tidak terlalu jauh.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang tips memilih pellet untuk senjata angin. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini nantinya bisa Anda jadikan sebagai gambaran atau refensi dalam membeli pellet. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *